CippzzPoeT LiFe

this is my new blog for my softskill,,,,i hope i can do the best,,,,i hope ^o~ in my life,,,i have the best quotation "actually the old has passed and the new has come to replace them^^ "

CMOS vs CCD

Tugas ini mengenai sensor CMOS dan CCD. Saya akan mencoba menjelaskan apa itu CMOS dan CCD, Technology pada CMOS dan CCD serta Update CMOS dan CCD yang terbarunya.

PENGERTIAN

CMOS ? merupakam kepanjangan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor atau biasa disingkat CMOS merupakan teknologi penempelan sirkuit pada cip silikon. Complementary Metal Oxide Semiconductor atau CMOS pada awalnya dikenal sebagai teknologi yang dipakai untuk membuat prosesor mikro dan memori komputer, seperti Pentium. Hasil pada resolusinya lebih tinggi dari CCD. Teknologi CMOS juga digunakan dalam banyak sirkuit analog, seperti:

  1. sensor gambar,
  2. pengubah data, dan
  3. trimancar terintegrasi untuk berbagai jenis komunikasi.

Apa itu CCD ?. Charge Couple Device atau biasa disingkat CCD merupakan chip pengganti film yang digunakan pada kamera digital untuk merekam objek. CCD terdiri atas jutaan sensor kecil cahaya. Besar kecilnya CCD diukur dalam satuan yang disebut dengan megapixel. Semakin besar pixel maka semakin bagus hasil gambarnya.

Setelah penjelasan singkat menegnai apa itu CMOS dan CCD sekarnag ini akan kita lanjutkan bahasan mengenai perbedaan dari kediua sensor tersebut.

Sebenernya dari kedua sensor tersebut perbedaannya hanyalah pada masalah "teknologi". Kalo kita berbicara mengenai teknologi pastilah tiap tahun berkembang sesuai dengan zaman. Setiap perusahaan akan mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan zaman agar dapat diterima dikalangan masyarakat.

Bentuk dari CMOS dan CCD adalah berupa sekeping chip untuk menangkap cahaya, menggantikan fungsi film pada era kamera film. Perbedaan keduanya ada pada teknis bagaimana tiap piksel itu memproses cahaya yang ditangkapnya.

1. CMOS : Tiap piksel pada sensor CMOS mampu menghasilkan tegangan keluaran sendiri (berkat adanya transistor pada setiap piksel) sehingga memungkinkan membuat chip CMOS yang terintegrasi dengan rangkaian ADC (analog-to-digital conversion).

2. CCD : Piksel pada sensor CCD akan merubah cahaya menjadi elektron & output dari sensor CCD memberikan hasil berupa tegangan, alias benar-benar piranti analog. Maka itu pada kamera bersensor CCD, ADC dilakukan diluar chip sensor.

Kelebihan dan Kekurangan CMOS:

Kelebihan :

  • Praktis,
  • Keping sensor sudah termasuk rangkaian ADC (camera on a chip)
  • Hemat daya berkat integrasi sistem
  • Kecepatan proses responsif (karena adanya parralel readout structure)
  • Tiap piksel punya transistor sendiri sehingga terhindar dari masalah smearing atau blooming

Kekurangan:

  • Proses pematangan teknologi (untuk menyamai kualitas CCD perlu biaya besar)
  • Piksel dengan transistor didalamnya menurunkan sensitivitas piksel (mengakibatkanarea penerima cahaya menjadi berkurang)
  • Piksel yang mampu mengeluarkan tegangan sendiri kurang baik dalam hal keseragaman kinerja (uniformity)

Kelebihan dan kekurangan CCD:

Kelebihan:

  • Matang secara teknologi
  • Desain sensor sederhana (lebih murah)
  • Sensitivitas tinggi
  • Tiap piksel punya kinerja yang sama (uniform)

Kekurangan:

  • Desain sistem keseluruhan (CCD + ADC) jadi lebih rumit dan boros daya
  • Kecepatan proses keseluruhan lebih lambat dibanding CMOS
  • Sensitif terhadap smearing atau blooming (kebocoran piksel) saat menangkap cahaya terang

teknologi terupdate CMOS dan CCD

(CMOS).. digunakan pada sensor kamera yang terus berkembang, dan saat ini sudah mulai diterapkan pada
sistem keamanan kendaraan khususnya mobil, salah satu tujuannya adalah untuk memperjelas penglihatan pada malam hari.

(CCD).. dikembangkan pada brand Toshiba Camileo BW10,, yang bisa bekerja pada kedalaman laut,, dan menghasilkan gambar dengan resolusi terbaik walu dalam keadaan air keruh.


0 comments:

Posting Komentar